ARTIKEL TENTANG PROFITA ABADI

Pentingnya Peran Pengawas di Industri K3 Migas

Sebagai seorang profesional yang bertanggung jawab atas keselamatan pekerja dan perusahaan, pengawas K3 Migas harus memiliki kemampuan dan pengetahuan yang mumpuni tentang teknis dan non-teknis dalam industri migas.

Apa itu Industri K3?

Industri K3 merujuk pada industri yang berfokus pada Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Industri K3 ini berupaya untuk menciptakan lingkungan kerja yang aman, sehat, dan mematuhi standar keselamatan untuk melindungi pekerja dari potensi bahaya dan resiko di tempat kerja. Dalam industri K3, terdapat kegiatan dan upaya yang difokuskan pada identifikasi resiko, pencegahan kecelakaan kerja, pemenuhan peraturan keselamatan dan kesehatan kerja, pelatihan untuk pekerja, serta pemantauan kondisi kerja. Tujuannya adalah untuk mencegah kecelakaan dan penyakit terkait pekerjaan, meningkatkan kesejahteraan pekerja, dan menciptakan lingkungan kerja yang aman dan sehat. Industri K3 dapat mencakup berbagai sektor, termasuk manufaktur, konstruksi, pertambangan, transportasi, dan sebagainya. dimana keselamatan dan kesehatan pekerja menjadi fokus utama dalam operasional sehari-hari.

Bagaimana Jika Industri Tidak menerapkan Standar K3?

Perusahaan yang tidak memenuhi kewajiban K3 akan memperoleh sanksi pidana. Hal ini sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang telah berlaku. Selain denda, perusahaan juga diharuskan membayar ganti rugi dengan nominal sesuai dampak yang ditimbulkan. Apabila nominal dendanya besar, bukan tidak mungkin perusahaan akan bangkrut hingga harus menjual asetnya. Perusahaan juga punya kewajiban untuk melaporkan kecelakaan kerja yang terjadi di perusahaan kepada pemerintah. Apabila tidak dilakukan, maka ada sanksi pidana pula yang menanti.

Keunggulan dari MeshGuard

Keunggulan MeshGuard adalah baterai yang dioperasikan, semi-tetap, sistem monitor nirkabel untuk beberapa gas seperti LEL, H2S, CO, O2, SO2, NH3, dan CL2. Radio mesh internal memungkinkan untuk membentuk jaringan yang meningkatkan keamanan tanpa kabel. Sistem MeshGuard dapat dengan mudah dikonfigurasi untuk berbagai aplikasi.